PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN DI GUGUS III KECAMATAN TEJAKULA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.862Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD N di gugus III kecamatan Tejakula semester genap tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD N di gugus III kecamatan Tejakula tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 187 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V SD N 1 Tejakula dan SD N 2 Tejakula yang berjumlah 50 siswa. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V semester genap tahun ajaran 2012/2013 di SD Negeri 1 dan 2 Tejakula. Perbandingan perhitungan rata-rata hasil belajar IPS kelompok eksperimen adalah 22,96 lebih besar dari rata-rata hasil belajar IPS kelompok kontrol adalah 19,52. Adanya perbedaan yang signifikan menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif berpengaruh terhadap hasil belajar IPS dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
Kata-kata kunci: Teknik Kancing Gemerincing, Hasil Belajar IPS
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)