PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBASIS BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN BAHASA INDONESIA SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.863Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir divergen bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E berbasis brainstorming dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus IV Kecamatan Buleleng yang berjumlah 173 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Penglatan yang berjumlah 22 orang dan siswa kelas V SD Negeri 2 Penglatan yang berjumlah 26 orang. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran learning cycle 5e berbasis brainstorming dan pada kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hail perhitungan uji hipotesis yang menggunakan bantuan SPSS 16.for Windows diperoleh t hitung (Equal Variance Assumed) adalah 6,030. dengan nilai Sig. (2 tailed) adalah 0,000. Angka signifikan tersebut lebih kecil daripada taraf signifikan 0,05. Hal ini berarti, terdapat perbedaan yang signifikan mengenai kemampuan berpikir divergen antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5e berbasis brainstorming dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional hasil terbukti bahwa model pembelajaran learning cycle 5e berbasis brainstorming lebih baik pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir divergen siswa dibanding dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan analisis deskriptif, rata-rata siswa di kelas eksperimen adalah 30 berkualifikasi tinggi sedangkan rata-rata siswa di kelas kontrol adalah 22 berkualifikasi sedang.
Kata kunci: learning cycle 5e berbasis brainstorming, dan kemampuan berpikir divergen
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)