Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Semester Ganjil SDN 4 Bungkulan Tahun Pelajaran 2016/2017

I Gede Dody Mahaputra ., Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS ., Drs. I Nyoman Murda,M.Pd. .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan metode pembelajaran Role Playing pada siswa kelas V SDN 4 Bungkulan, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 4 Bungkulan yang berjumlah 24 orang. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan tes. Data analisis dengan menggunakan teknik analisis deskrif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan terjadinya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa kelas V SDN 4 Bungkulan. Berdasarkan hasil observasi, rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 73,6 meningkat menjadi 83,75 (tinggi) pada siklus II. Persentase KKM siklus I 50% meningkat menjadi 83,3% pada siklus II. Berdasarkan hasil peneltian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Role Playing untuk meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas V semester ganjil SDN 4 Bungkulan, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2016/2017
Kata Kunci : tujuan, metode Role Playing, hasil belajar

The purpose of this study is to improve student learning outcomes in subjects Indonesian by applying learning methods Role Playing the students of class V SDN 4 Bungkulan, District of Sawan, Buleleng, in the academic year 2016/2017. This research is a classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of action planning, action, observation / evaluation, reflection. The subjects were students of class V SDN 4 Bungkulan amounting to 24 people. The object of this research is student learning outcomes. The data collection is done by observation and tests. Data analysis using quantitative analysis techniques deskrif. The results showed an increase in the average results of students of class V SDN 4 Bungkulan. Based on observations, the average results of study in the first cycle is 73.6 increased to 83.75 (high) on the second cycle. KKM percentage of the first cycle of 50% increased to 83.3% in the second cycle. Based on the research findings, we can conclude that the application of Role Playing learning methods to improve learning outcomes Indonesian first semester of fifth grade students of SDN 4 Bungkulan, District of Sawan, Buleleng in the academic year 2016/2017
keyword : goals, methods Role Playing, learning outcomes

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i3.8637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

 Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.