Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD

Authors

  • Ketut Wirani Dewi .
  • Drs. Dewa Nyoman Sudana,M.Pd. .
  • Ni Wayan Rati, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i3.8645

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E berbantuan media gambar dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional di kelas V SD Gugus IV Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 orang. Dengan kelas kontrol sebanyak 16 orang dan kelas eksperimen sebanyak 15 orang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain post test only control group design. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dengan instrumen tes hasil belajar IPA. Data hasil belajar IPA yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan Uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle5E berbantuan media gambar dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, yang ditunjukkan oleh thitung = 7,57 > ttabel = 2,045. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle 5E berbantuan media gambar berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : IPA, model learning cycle 5E, media gambar, hasil belajar

This research aimed to determine the differences between students which learn bylearning cycle 5E model using picture media toward IPA learning result and students which learn using conventional model at Gugus IV Sub District Seririt in fifth grade of elementary school in academic year2015/2016. The sample of this research is 31students. 16 students as the Control group and 15 students as theeksperimental group. This research belongs to quasi experimental post-test only control group design. The result of the data collectionobtained by using instrumental test of IPA lerning result. The result of this study will be analyized by using statistic descriptif analysis technique and by doing T-test. The result of this study will show that : there is a difference of IPA learning result between the students who are studied by learning cycle 5E model using picture media and the students who are studied by conventional learning model (tAcount = 7,57> ttable = 2,045). From the reseach result, can be concluded that learning cycle 5E model using picture media has an effect toward IPA learning result at Gugus IV sub District Seriritin fifth gradeof elementary School in academic year 2015/2016.
keyword : IPA, Learning Cycle 5E Model, Picture Media, Learning Result

Published

2016-11-01

How to Cite

., K. W. D., ., D. D. N. S., & ., N. W. R. S. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD . MIMBAR PGSD Undiksha, 4(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i3.8645

Issue

Section

Articles