Penerapan Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Kelas V

Authors

  • I Kadek Yudiasa .
  • Drs. I Ketut Dibia,S.Pd, M.Pd .
  • Drs. Made Sumantri, M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i3.8646

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan (1) motivasi belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan berbantuan Media Grafis pada siswa kelas V SD Negeri Sekaan Tahun Pelajaran 2015/2016, (2) hasil belajar IPA dalam menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan berbantuan Media Grafis pada siswa kelas V SD Negeri Sekaan Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Pelaksanaan tindakan tiap siklus adalah tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sekaan tahun pelajaran 2015/2016, yang berjumlah 20 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan metode tes. Data dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase motivasi dan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri Sekaan. Berdasarkan observasi motivasi, persentase rata-rata motivasi siswa pada siklus I sebesar 75,75% dengan kategori sedang, dan persentase rata-rata motivasi siswa pada siklus II sebesar 84,00% dengan kategori tinggi. Berdasarkan tes hasil belajar IPA, persentase rata-rata hasil belajar IPA siswa pada siklus I sebesar 78,00% dengan kategori sedang, dan persentase rata-rata hasil belajar IPA siswa pada siklus II sebesar 86,00% dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media grafis dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri Sekaan tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Media, Motivasi, STAD.

This study aims to determine improvement (1) motivation to learn science students who take cooperative learning model type STAD with Graphics Media aided in class V students of SD Negeri swabs in the school year 2015/2016, (2) results in applying the science of learning Cooperative learning model type STAD with Graphics Media aided in elementary School fifth grade students in the academic year 2015/2016 swabs. This research is a PTK is conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation and evaluation, and reflection. Implementation of the action of each cycle is three meetings. The subjects were fifth grade students of SD Negeri swabs in the academic year 2015/2016, which numbered 20 people. The object of this study is to increase motivation and learning outcomes IPA. Collecting data in this study was conducted using the method of observation and tests. Data were analyzed with descriptive statistical analysis of quantitative methods. The results showed that an increase in the percentage of motivation and learning outcomes in the fifth grade students of SD Negeri swabs. Based on observations of motivation, the average percentage of student motivation in the first cycle of 75.75% in the medium category, and the average percentage of student motivation on the second cycle of 84.00% with a high category. Based on the test results to learn science, the average percentage of students' learning outcomes IPA in the first cycle of 78.00% in the medium category, and the average percentage of student learning outcomes IPA on the second cycle of 86.00% with a high category. Based on these results we can conclude that the application of cooperative learning model STAD-aided graphic media can increase motivation and learning outcomes fifth grade science students at SDN swabs of the school year 2015/2016.
keyword : Learning Outcomes, Media, Motivation, STAD.

Published

2016-11-01

How to Cite

., I. K. Y., ., D. I. K. D. M., & ., D. M. S. M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i3.8646

Issue

Section

Articles