PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SFAE BERMEDIAKAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA

Authors

  • Dian Rizki Fauzi .
  • Dra. Nyoman Kusmariyatni,S.Pd .
  • Luh Putu Putrini Mahadewi, S.Pd., M.S. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i3.8648

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar PKn siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (2) mendeskripsikan hasil belajar PKn siswa yang mengikuti Pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantuan Media Mind Mapping dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti Metode Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) bermediakan Mind Mapping dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Metode Pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di Gugus II Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus II Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 130 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD No. 1 Penerukan yang berjumlah 32 orang dan siswa kelas V SD No. 3 Penarukan yang berjumlah 37 orang. Data hasil belajar PKn siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thit = 6,62 dan ttab (pada taraf signifikansi 5%) = 2,00. Hal ini berarti bahwa thit > ttab, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Metode Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi konvensional. Dari rata-rata ( ) hitung, diketahui kelompok eksperimen adalah 19,79 dan kelompok kontrol adalah 13,93. Hal ini berarti bahwa eksperimen > kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) Bermediakan Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V di Gugus II Kecamatan Buleleng
Kata Kunci : hasil belajar, PKn, SFAE

This study aims to (1) describe the results of studying Civics students who take the conventional learning (2) describe the results of studying Civics students who take the Learning Student Facilitator And Explaining bermediakan Mind Mapping and (3) determine differences in learning outcomes Civics between students who take the Method of Learning Student and Explaining Facilitator (SFAE) bermediakan Mind Mapping and students following the conventional learning with learning method in class V in Cluster II District Buleleng in the academic year 2015/2016. This research is a quasi-experimental research. The study population was all students in grade V in Cluster II District Buleleng 2015/2016 in the academic year totaling 130 people. Samples of this study are students of class V SD N 1 Penerukan which amounted to 32 and students of class V SD N 3 Penarukan totaling 37 people. PKn students' data result of learning collected by multiple choice test instruments. Data collected were analyzed using descriptive statistical analysis and inferential statistics (t-test). Based on the analysis of data, obtained thit = 6,62 and ttab (at significance level of 5%) = 2,00. This means that thit > ttab, so it can be interpreted that there are significant differences between the PKn learning outcomes of of students who take the learning method Student Learning Facilitator And Explaining (SFAE) and students following the study with conventional strategy. Of the average ( )is calculated, known to the experimental group was 19,79 and the control group was 13,93. This means that the experimental > control, so it can be concluded that the application of Method Student Learning And Explaining Facilitator (SFAE) aided Media Mind Mapping effect on learning outcomes of PKn class V students in Cluster II District Buleleng.
keyword : learning results, PKn, SFAE

Published

2016-11-01

How to Cite

., D. R. F., ., D. N. K., & ., L. P. P. M. S. M. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SFAE BERMEDIAKAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i3.8648

Issue

Section

Articles