PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP NILAI KARAKTER SISWA KELAS V SD GUGUS VI TAJUN

Authors

  • Kd. Dewi Anggarini, I Nym. Murda, I Wyn. Sudiana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.865

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: untuk mengetahui perbedaan nilai karakter siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran  value clarification technique (vct) berbantuan media gambar dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PKn siswa kelas V Gugus VI Tajun Kecamatan Kubutambahan Tahun Ajaran  2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan jumlah populasi seluruh siswa kelas V di Gugus VI Tajun berjumlah 113 orang. Sedangkan jumlah sampel penelitian 67 orang siswa. Data tentang nilai karakter siswa dikumpulkan dengan metode non tes berbentuk angket/kuissioner. Data yang sudah diperoleh setelah memberikan tes kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan analisis data, siswa yang mengikuti siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran value clarifiction technique (vct) berbantuan media gambar nilai rata-ratanya 76,35. Sedangkan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional nilai rata-ratanya 65,67. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh thit>ttab = 5,47 dan ttab = 2,035, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai karakter siswa kelas V semester II antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model value clarification technique (vct) berbantuan media gambar dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini berarti model pembelajaran value clarification technique (vct) berbantuan media gambar berpengaruh positif terhadap nilai karakter siswa mata pelajaran PKn pada siswa kelas V di Gugus VI Tajun Kecamatan Kubutambahan. Oleh karena itu disarankan agar dalam setiap pembelajaran PKn menggunakan model pembelajaran value clarification technique (vct) berbantuan media gambar yang disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan.

 

Kata-kata kunci: VCT, Media gambar, Nilai Karakter

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Wyn. Sudiana, K. D. A. I. N. M. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP NILAI KARAKTER SISWA KELAS V SD GUGUS VI TAJUN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.865

Issue

Section

Articles