PENGARUH MODEL IKRAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD DI GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG

Authors

  • Ni Kd. Dwi Ariestini, Md. Sulastri, Dw. Nym. Sudana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.866

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran IKRAR dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional siswa  kelas IV SD di Gugus VIII  tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus VIII Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 106 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD No. 1 Paket Agung yang berjumlah 30 orang dan siswa kelas IV SD No. 2 Paket Agung yang berjumlah 30 orang. Data hasil belajar matematika siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk uraian. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji–t).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran IKRAR menunjukkan skor rata-rata 32 berada pada kategori tinggi dan rata-rata skor siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 24,63 berada pada kategori sedang. (2) terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara kelompok dengan model IKRAR dan kelompok dengan model konvensional, diketahui bahwa thit > ttab (thit = 6,41 > ttab = 1,699 ). Dari hasil belajar matematika diketahui kelompok siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran IKRAR lebih baik dibandingkan kelompok yang diajarkan dengan model konvensional pada siswa kelas IV tahun pelajaran 2012/2013 di SD Gugus VIII Kecamatan Buleleng.

 

Kata kunci: lKRAR,  matematika, hasil belajar.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Dw. Nym. Sudana, N. K. D. A. M. S. (2013). PENGARUH MODEL IKRAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD DI GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.866

Issue

Section

Articles