PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA SEDERHANA UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SD NO 1 PETANDAKAN

Authors

  • Luh Sunistini D., Ni Wyn. Arini, I Gd. Margunayasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.870

Abstract

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika  siswa setelah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Satu siklus dalam PTK terdiri dari empat tahapan, yaitu:perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Petandakan yang berjumlah 32 orang. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan obsevasi. Metode tes digunakan untuk mengukur ranah kognitif siswa sedangkan metode observasi digunakan untuk mengetahui ranah afektif dan psikomotor. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan rata-rata persentase hasil belajar afektif siswa pada siklus I yaitu 77,8% dengan kategori cukup baik meningkat pada siklus II menjadi 88% dengan kategori baik, (2) terjadi peningkatan rata-rata persentase hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I yaitu 70% dengan kategori cukup aktif meningkat menjadi 92% dengan kategori sangat aktif, dan (3) terjadi peningkatan rata-rata persentase hasil belajar kognitif siswa pada siklus I yaitu 65% dengan kategori cukup baik meningkat menjadi 80,3% dengan kategori baik, dan dengan ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 68,8% meningkat menjadi 93,8%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media sederhana dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Kata kunci: Snowball Throwing, hasil belajar matematika

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Gd. Margunayasa, L. S. D. N. W. A. (2013). PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA SEDERHANA UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SD NO 1 PETANDAKAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.870

Issue

Section

Articles