PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA SEDERHANA UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SD NO 1 PETANDAKAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.870Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Satu siklus dalam PTK terdiri dari empat tahapan, yaitu:perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Petandakan yang berjumlah 32 orang. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan obsevasi. Metode tes digunakan untuk mengukur ranah kognitif siswa sedangkan metode observasi digunakan untuk mengetahui ranah afektif dan psikomotor. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan rata-rata persentase hasil belajar afektif siswa pada siklus I yaitu 77,8% dengan kategori cukup baik meningkat pada siklus II menjadi 88% dengan kategori baik, (2) terjadi peningkatan rata-rata persentase hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I yaitu 70% dengan kategori cukup aktif meningkat menjadi 92% dengan kategori sangat aktif, dan (3) terjadi peningkatan rata-rata persentase hasil belajar kognitif siswa pada siklus I yaitu 65% dengan kategori cukup baik meningkat menjadi 80,3% dengan kategori baik, dan dengan ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 68,8% meningkat menjadi 93,8%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media sederhana dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Kata kunci: Snowball Throwing, hasil belajar matematika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)