PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NO 1 BONTIHING

Authors

  • Ni L. Mita L., L. Pt. Putrini Mahadewi, Dsk. Pt. Parmiti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.874

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas IV semester ganjil di SD No. 1 Bontihing Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013.Subjek penelitian ini adalah 23 orang siswa kelas IV semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 di SD No. 1 Bontihing. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, instrumen pengumpulkan data hasil belajar menggunakan tes obyektif dan esay. Data hasil belajar yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri terbimbing berbasis lingkungan hidup ternyata dapat meningkatkan hasil belajar IPA sebesar 8,26%. Hasil belajar IPA siswa siklus I, yaitu 67,82% yang berada pada kategori sedang, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 76,08% yang berada pada kategori tinggi. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 65,21% mengalami peningkatan sebesar 26,09% pada siklus II menjadi 91,30%.

 

Kata kunci: Metode inkuiri, hasil belajar.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Dsk. Pt. Parmiti, N. L. M. L. L. P. P. M. (2013). PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NO 1 BONTIHING. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.874

Issue

Section

Articles