PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI DI DESA KALIBUKBUK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.875Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang
signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran sains teknologi
masyarakat (STM) dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional
pada siswa kelas V semester genap tahun pelajaran 2012-2013 di Desa Kalibukbuk
Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. Jenis penelitian ini adalah eksperimen
semu (quasi experiment). Dengan rancangan penelitian menggunakan non
equavalen post-test only control group design. Adapun populasi yang digunakan
dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri di Desa Kalibukbuk di
Kecamatan Buleleng sebanyak 106 orang siswa. Selanjutnya sampel penelitian
ditentukan dengan teknik random sampling Sampel yang terpilih, yaitu SD No.2
Kalibukbuk yang berjumlah 24 orang sebagai kelompok eksperimen dan SD No.3
Kalibukbuk yang berjumlah 23 orang sebagai kelompok kontrolMetode pengumpulan
data dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni tes objektif.
Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik
deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Berdasarkan hasil analisis data yang
didapat nilai rata-rata siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran
STM lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa yang mengikuti
pembelajaran konvensional (X2 = 24,37>X2 14,13). Selain itu hasil analisis uji-t
diperoleh thitung lebih besar dibandingkan dengan ttabel (thitung =8.60 >ttabel = 2.02) ini
berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang
belajar dengan model sains teknologi masyarakat (STM) dan siswa yang belajar
dengan model konvensional. Dengan demikian model pembelajaran STM
berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V semester genap tahun
pelajaran 2012-2013 di Desa Kalibukbuk Kecamatan Buleleng Kabupaten Bulelng
Kata kunci: model pembelajaran STM, hasil Belajar IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)