PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERBALIK BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 1 BUGBUG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.876Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran IPA dengan model pembelajaran terbalik (reciprocal learning) berbasis keterampilan proses sains dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Bugbug Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini tergolong eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain Non-Equivalent The Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Bugbug tahun pelajaran 2012/2013. Kelas IV SD Negeri 1 Bugbug terdiri dari 2 kelas. Sampel diambil dengan teknik random sampling dan diperoleh siswa kelas IVA SD Negeri 1 Bugbug sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IVB SD Negeri 1 Bugbug sebagai kelas eksperimen. Data hasil belajar IPA dikumpulkan melalui tes uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik inferensial (Uji-t). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran terbalik (reciprocal learning) berbasis keterampilan proses sains dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Bugbug. Hal ini dilihat dari rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari rata-rata kelompok kontrol (). Adanya perbedaan yang signifikan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran terbalik (reciprocal learning) berbasis keterampilan proses sains berpengaruh terhadap hasil belajar.
Kata-kata kunci: pembelajaran terbalik, keterampilan proses sains, hasil belajar IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)