PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SD KELAS IV PADA GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.877Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi hasil belajar IPS pada kelompok siswa eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Advance organizer, (2) deskripsi hasil belajar IPS pada kelompok siswa kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, dan (3) perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SD kelas IV pada gugus VIII kecamatan Buleleng kabupaten Buleleng. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah Kelas IV pada SD No. 1 Paket Agung dan SD No. 2 Paket Agung. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes pilihan ganda. Hasil penelitian secara umum menunjukkan (1) Deskripsi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Advance Organizer cenderung tinggi dengan rata-rata 22,17, (2) Deskripsi data hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional cenderung rendah dengan rata-rata 15,10). (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional, di mana nilai rata-rata hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional diketahui bahwa thit > ttab (thit = 2,21 > ttab = 1,699 ).
Kata kunci: advance organizer, hasil belajar ips
Published
2013-01-08
How to Cite
Md. Sulastri, N. T. A. N. T. R. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SD KELAS IV PADA GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.877
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)