PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SD KELAS IV PADA GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG

Authors

  • Nym. Triyanti Ariani, Ndara T. Renda Md. Sulastri

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.877

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi hasil belajar IPS pada kelompok siswa eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Advance organizer, (2) deskripsi hasil belajar IPS pada kelompok siswa kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, dan (3) perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SD kelas IV pada gugus VIII kecamatan Buleleng kabupaten Buleleng. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah Kelas IV pada SD No. 1 Paket Agung dan SD No. 2 Paket Agung. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes pilihan ganda. Hasil penelitian secara umum menunjukkan (1) Deskripsi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Advance Organizer cenderung tinggi dengan rata-rata 22,17, (2) Deskripsi data hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional cenderung rendah dengan rata-rata 15,10). (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional, di mana nilai rata-rata hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional diketahui bahwa thit > ttab (thit = 2,21 > ttab = 1,699 ).

Kata kunci: advance organizer, hasil belajar ips

Published

2013-01-08

How to Cite

Md. Sulastri, N. T. A. N. T. R. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SD KELAS IV PADA GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.877

Issue

Section

Articles