PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.880Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang dibelajarkan metode pembelajaran bermain peran berorientasi kearifan lokal Tri Kaya Parisudha pada kelas eksperimen dengan siswa yang dibelajarkan metode pembelajaran diskusi pada kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus VI Kampung Baru Kecamatan Buleleng yang berjumlah 185 orang. Sampel diambil dengan cara Cluster Sampling sehingga diperoleh dua kelas yaitu SD 2 Kampung Baru dan SD 7 Kampung Baru dengan jumlah siswa 60. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif pilihan ganda dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan metode pembelajaran bermain peran berorientasi kearifan lokal Tri Kaya Parisudha dengan kelompok siswa yang dibelajarkan metode pembelajaran diskusi. Hal ini ditunjukkan oleh thitung 3,415 > ttabel 2,000 dan didukung oleh perbedaan skor rata-rata yang diperoleh siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran bermain peran berorientasi kearifan lokal Tri Kaya Parisudha yaitu 17,87 yang berada pada kategori sangat tinggi dan siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran diskusi yaitu 15,42 yang berada pada kategori tinggi.
Kata kunci: Bermain peran, Tri Kaya Parisudha, Hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)