PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT BERBANTUAN ALAT PERAGA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN 2 PUPUANSAWAH

Authors

  • Ni Md. Suandewi, I Wyn. Wiarta, I.G.A.A Sri Asri

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.882

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuanuntuk meningkatkan keaktifan belajar matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif  tipe teams games tournament berbantuan alat peraga konkret pada siswa kelas V SDN 2 Pupuansawah, Tabanan. Dan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berbantuan alat peraga konkret pada siswa kelas V SDN 2 Pupuansawah, Tabanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Pupuansawah Tabanan tahun pelajaran 2012/2013, sebanyak 28 orang. Data keaktifan belajar matematika diperoleh dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data hasil belajar matematika diperoleh dengan menggunakan metode tes. Selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian pada keaktifan belajar matematika dan hasil belajar matematika menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan persentase rata-rata keaktifan belajar sebesar 15,77% dari 66,66% pada siklus I menjadi 82,43%  pada siklus II. Peningkatan persentase rata-rata hasil belajar matematika sebesar 15,35% dari 60,00% pada siklus I menjadi 75,35 pada siklus II. Selanjutnya peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 25% dari 57,14% pada siklus I menjadi 82,14% pada siklus II.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran koopreatif tipe teams games tournament berbantuan alat peraga konkret dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika. Oleh karena itu, disarankan kepada guru di SDN 2 Pupuansawah dalam mengajar matematika agar menerapkan pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament sesuai dengan langkah yang telah ditemukan dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci : Kooperatif TGT, Matematika, Keaktifan Belajar, danHasil Belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I.G.A.A Sri Asri, N. M. S. I. W. W. (2013). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT BERBANTUAN ALAT PERAGA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN 2 PUPUANSAWAH. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.882

Issue

Section

Articles