PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 7 KEMENUH TAHUN AJARAN 2012/2013

Authors

  • Dw. A. Pramita Dewi, I.G. A. A Sri Asri, I Km. Ngurah Wiyasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.884

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar pelajaran IPS melalui penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual, danmengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS melalui penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual.Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 7 Kemenuh tahun ajaran 2012/2013 berjumlah 29 orang. Tindakan dilakukan dalam 2 siklus. Setiap pertemuan dimulai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data keaktifan belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif-kuantitatif dengan peningkatan hasil ditunjukkan dalam persentase. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 7 Kemenuh tahun ajaran 2012/2013. Persentase peningkatan hasil tersebut ditunjukkan pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa mencapai 69,0, ketuntasan belajar 68,9%, dan persentase keaktifan siswa mencapai 74%. Sedangkan siklus II rata-rata hasil belajar mencapai 78,4, ketuntasan belajar mencapai 93% (kreteria sangat tinggi), dan keaktifan mencapai 83% (kreteria aktif) sesuai indikator keberhasilan yang ditetapkan sudah tercapai. Dengan hasil ini, disarankan kepada semua guru kelas di Sekolah Dasar hendaknya menggunakan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran IPS.

Kata Kunci :Kontekstual, Keaktifan, IPS,  Hasil Belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Km. Ngurah Wiyasa, D. A. P. D. I. A. A. S. A. (2013). PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 7 KEMENUH TAHUN AJARAN 2012/2013. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.884

Issue

Section

Articles