IMPLEMENTASI METODE FOXFIRE DAPAT MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPS DAN AKTIVITAS SISWA KELAS IV SD NO 1 DEPEHA

Ni Km. Muliani, Gd. Raga Pt. Nanci Riastini

Abstract


Abstrak

Tujuan utama penelitian ini adalah (1) meningkatkan pemahaman konsep, dan (2) meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui implementasi pembelajaran dengan metode Foxfire. Subjek pada penelitian ini berjumlah 38 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Data mengenai pemahaman konsep dikumpulkan metode tes, dan data tentang  aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran dikumpulkan dengan metode observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran dengan metode Foxfire pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan pemahaman konsep, yakni dari 70,13 pada siklus I termasuk kategori cukup menjadi 83,15 berada dalam kategori baik pada siklus II. Sedangkan untuk aktivitas siswa pada sebesar 65,92 termasuk kategori aktif menjadi sangat aktif pada siklus II dengan nilai sebesar 77,56. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Foxfire dapat meningkatkan pemahaman konsep dan siswa pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial (IPS).

Kata kunci: metode Foxfire, pemahaman konsep, aktivitas

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.885

Article Metrics

Abstract view : 287 times
PDF file view : 287 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.