PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DENGAN VCD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 1 KETEWEL
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.886Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1)Meningkatkan motivasi belajar matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD dengan Media VCD pada siswa Kelas IV di SDN 1 Ketewel, Gianyar Tahun Ajaran 2012/2013 dan 2) Meningkatkan hasil belajar matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media VCD pada Siswa Kelas IV di SDN 1 Ketewel, Gianyar Tahun Ajaran 2012/2013.Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Ketewel, Gianyar yang berjumlah 34 yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Datatentang motivasi dikumpulkan menggunakan kuesioner dan hasil belajarmatematika dikumpulkan menggunakan tes. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan (1) terjadi peningkatan persentase rata-rata motivasi belajar matematika sebesar 5,81% dari 76% pada siklus I berada pada kriteria sedang menjadi 81,81% berada pada kriteria tinggi pada siklus II, dan (2) terjadi peningkatan persentase rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 10,18% dari 70% pada siklus I berada pada kriteria sedang menjadi 80,18% pada siklus II berada pada kriteria tinggi. Ketuntasan klasikal hasil belajar matematika meningkat sebesar 17,64%dari 67,65% pada siklus I menjadi 85,29% pada siklus II.Jadi, simpulan dari penelitian ini, melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan media VCD dapat meningkatan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Ketewel, Gianyar Tahun Ajaran 2012/2013.
Kata-kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif STAD,Media VCD, Motivasi, dan Hasil Belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)