PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS OTAK (BRAIN BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVDI GUGUS I KECAMATAN JEMBRANA

Authors

  • Kd. Mira Yuntari, I Kt. Dibia Gd. Raga

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.887

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Otak (Brain Based Learning) dan kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas IV semester II tahun pelajaran 2012/2013 di Gugus I Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV di Gugus I Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Perancak dan SD Negeri 2 Perancak. Data hasil belajar IPS dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes yang berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial menggunakan uji-t. Dari hasil statistik, diperoleh nilai t sebesar 8,081, dengan taraf signifikansi 5 % angka tersebut lebih besar dari nilai ttabel yaitu 2,002 (thit = 8,081 > ttab = 2,002). Hal tersebut terbukti dari rata-rata skor hasil belajar IPS yang diperoleh oleh siswa yang menggunakan model Pembelajaran Berbasis Otak (Brain Based Learning) yaitu 19,93 dibandingkan dengan rata-rata skor hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional sebesar 15,57. Dengan demikian, model Pembelajaran Berbasis Otak (Brain Based Learning) berpengaruh terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV semester II tahun pelajaran 2012/2013 di Gugus I Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana.

Kata-kata kunci: pembelajaran berbasis otak, konvensional, hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Gd. Raga, K. M. Y. I. K. D. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS OTAK (BRAIN BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVDI GUGUS I KECAMATAN JEMBRANA. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.887

Issue

Section

Articles