PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN MEDIA SCRABBLE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA BALI SISWA KELAS IV SD GUGUS II KECAMATAN BULELENG

Authors

  • Ni Pt. Hadomi Widiasih, I Nym. Wirya, Kd. Suranata

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.888

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil Belajar Bahasa Bali antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan media scrabble dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah quasi experiment dengan desain non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IV SD No. 4 Penerukan sebagai kelas experiment dan SD No. 1 Penarukan sebagai kelas kontrol. Kedua kelas memiliki jumlah siswa yang sama yaitu 40 orang. Penentuan kelas terpilih dengan teknik cluster random sampling. Data hasil belajar Bahasa Bali dikumpulkan dengan instrument berbentuk tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas ekaperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang ditunjukkan oleh hasil uji hipotesis diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (thitung =4,65 > ttabel =1,991), dan rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol (21,80>16,33). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC berbantuan media scrabble berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Bali siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013.

 

Kata-kata kunci: CIRC, Scrabble, hasil belajar

 

Abstract

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Kd. Suranata, N. P. H. W. I. N. W. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN MEDIA SCRABBLE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA BALI SISWA KELAS IV SD GUGUS II KECAMATAN BULELENG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.888

Issue

Section

Articles