PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN MEDIA SCRABBLE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA BALI SISWA KELAS IV SD GUGUS II KECAMATAN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.888Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil Belajar Bahasa Bali antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan media scrabble dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah quasi experiment dengan desain non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IV SD No. 4 Penerukan sebagai kelas experiment dan SD No. 1 Penarukan sebagai kelas kontrol. Kedua kelas memiliki jumlah siswa yang sama yaitu 40 orang. Penentuan kelas terpilih dengan teknik cluster random sampling. Data hasil belajar Bahasa Bali dikumpulkan dengan instrument berbentuk tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas ekaperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang ditunjukkan oleh hasil uji hipotesis diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (thitung =4,65 > ttabel =1,991), dan rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol (21,80>16,33). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC berbantuan media scrabble berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Bali siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013.
Kata-kata kunci: CIRC, Scrabble, hasil belajar
Abstract
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)