PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR RASIONAL IPA SISWA SD GUGUS III KECAMATAN MANGGIS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.889Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir rasional dalam mata pelajaran IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kontekstual berbantuan mind mapping dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan menggunakan desain post-test only with non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Manggis Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 110 orang. Sedangkan sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 49 orang. Teknik pengambilan sampel adalah teknik random sampling, tetapi yang dirandom adalah kelas. Data keterampilan berpikir rasional siswa diperoleh dengan menggunakan tes pilihan ganda diperluas. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir rasional dalam mata pelajaran IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kontekstual berbantuan mind mapping dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 2,789 dan ttab = 2,021 maka thitung lebih besar dari ttab. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kontekstual berbantuan mind mapping lebih baik dibandingkan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori.
Kata kunci : strategi pembelajaran kontekstual, mind mapping, keterampilan berpikir rasional
Downloads
Published
2013-01-08
How to Cite
I Md. Citra Wibawa, N. K. A. M. I. K. S. (2013). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR RASIONAL IPA SISWA SD GUGUS III KECAMATAN MANGGIS. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.889
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)