PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA KELAS V DI SD 7 DATAH

Authors

  • Ni L. Orin Budiartini, I Nyoman Arcana, I Gd. Margunayasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.891

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis  IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Inquiri Terbimbing dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 7 Datah pada semester genap di Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada siswa kelas V SD di Desa Datah Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan rancangan non equivalent post test only control group design dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri 7 Datah terdiri dari 2 kelas. Jumlah keseluruhan populasi adalah 40 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah  data kemampuan berpikir kritis. Data dikumpulkan dengan memberikan tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk tes uraian sebanyak 10 butir soal dengan indeks reliabilitas sangat tinggi yaitu 0,54. Data yang diperoleh dianalisis mengunakan teknik analisis deskriptif dan statistik inferensial (Uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis antara penerapan model pembelajaran Inquiri Terbimbing dengan pembelajaran konvensional (thitung = 9,91>ttabel = 2,024). Rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti model pembelajaran Inquiri Terbimbing=33,65 lebih tinggi dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional=22,45. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Inquiri Terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis  siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 7 Datah Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem.

 

 

 

Kata-kata kunci: pembelajaran inquiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Gd. Margunayasa, N. L. O. B. I. N. A. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA KELAS V DI SD 7 DATAH. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.891

Issue

Section

Articles