PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERMUATAN CATUR PRAMANA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN 1 SANGSIT
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.892Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD bermuatan catur pramana, (2) deskripsi hasil belajar matematika siswa sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD bermuatan catur pramana, (3) perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika sebelum dan sesudah pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD bermuatan catur pramana pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sangsit Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Data hasil belajar matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan ganda (objektif). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 1 Sangsit sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD bermuatan catur pramana rata-rata skor 63,13 dengan sebanyak 61,72 % siswa masih berada di bawah kriteria ketuntasan minimal yang harus dicapai (2) Hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 1 Sangsit sesudah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD bermuatan catur pramana diperoleh rata-rata skor 25,27 dan berada pada katagori sangat tinggi, (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD bermuatan catur pramana pada pada siswa kelas V SDN 1 Sangsit (thit > ttab, thit = 6,73 dan ttab = 2,021). Hal ini berarti model pembelajaran kooperatif tipe STAD bermuatan catur pramana berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.
Kata-kata kunci: STAD, Catur Pramana, hasil belajar
Published
2013-01-08
How to Cite
I Md. Tegeh, D. M. R. D. J. I. G. N. J. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERMUATAN CATUR PRAMANA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN 1 SANGSIT. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.892
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)