PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERMUATAN CATUR PRAMANA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN 1 SANGSIT

Authors

  • Dw. Md. R. Dwi Jayano, I Gst. Ngr. Japa I Md. Tegeh

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.892

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD bermuatan catur pramana, (2) deskripsi hasil belajar matematika siswa sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD bermuatan catur pramana, (3) perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika sebelum dan sesudah pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD bermuatan catur pramana pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sangsit Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Data hasil belajar matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan ganda (objektif). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 1 Sangsit sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD bermuatan catur pramana rata-rata skor 63,13 dengan sebanyak 61,72 % siswa masih berada di bawah kriteria ketuntasan minimal yang harus dicapai (2) Hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 1 Sangsit sesudah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD bermuatan catur pramana diperoleh rata-rata skor 25,27 dan berada pada katagori sangat tinggi, (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD bermuatan catur pramana pada pada siswa kelas V SDN 1 Sangsit (thit > ttab, thit = 6,73 dan ttab = 2,021). Hal ini berarti model pembelajaran kooperatif tipe STAD bermuatan catur pramana berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata-kata kunci: STAD, Catur Pramana, hasil belajar

Published

2013-01-08

How to Cite

I Md. Tegeh, D. M. R. D. J. I. G. N. J. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERMUATAN CATUR PRAMANA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN 1 SANGSIT. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.892

Issue

Section

Articles