PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TANDUR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS VI KECAMATAN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.893Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan pemahaman konsep IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TANDUR dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsungpada siswa kelas IV SD Gugus VI Kecamatan Buleleng. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Gugus VI kecamatan Buleleng yang berjumlah 191 orang. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IV SD No. 7 Kampung Baru yang berjumlah 34 orang dan siswa kelas IV SD No. 2 Kampung Baru yang berjumlah 28 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan teknik Random Sampling. Desain penelitian yang digunakan yaitu “Post Test Only with Non-Equivalent Control Group Design”. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SD Gugus VI Kecamatan Buleleng yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TANDUR dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung (thitung> ttabel; thitung= 4,5203 dan ttabel= 2,000). Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat dikatakan bahwa kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TANDUR lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pemelajaran langsung.
Kata-kata kunci: model pembelajaran TANDUR, pemahaman konsep IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)