PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MOODY TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD DI GUGUS 8 KECAMATAN BULELENG

Authors

  • Pt. Wahyuni, Md. Sulastri Ndara Tanggu Renda

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.894

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil keterampilan menulis puisi antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran moody dan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen), dengan desain post test only control group desain. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD segugus 8 kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2012/2013. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling dan diperoleh SD No 1 Paket Agung sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 35 orang siswa dan SD No2 Paket Agung sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 34 orang siswa. Data hasil keterampilan menulis puisi siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan mengenai keterampilan menulis puisi antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran moody dan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil analisisnya menunjukkan t hitung = 9,98 dan t tabel = 1,990 untuk db = n1 + n2 – 2 = 67 dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan kriteria pengujian, karena t hitung > t tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Kata kunci: model moody, keterampilan menulis puisi

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Ndara Tanggu Renda, P. W. M. S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MOODY TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD DI GUGUS 8 KECAMATAN BULELENG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.894

Issue

Section

Articles