PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN RELAKSASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI GUGUS 6 KECAMATAN SAWAN

Authors

  • Dsk. Wiwin Maya Genitri, I Nym. Murda, I Gde Wawan Sudatha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.895

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar PKn antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model experiential learning berbantuan relaksasi dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction) pada siswa kelas V di gugus 6 Kecamatan Sawan tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan jumlah populasi seluruh siswa kelas V di Gugus 6 Kecamatan Sawan berjumlah 185 orang. Sedangkan jumlah sampel penelitian 81 orang siswa. Data tentang motivasi siswa dikumpulkan dengan metode tes berbentuk angket/kuesioner. Data yang sudah diperoleh setelah memberikan tes kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan analisis data, siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model experiential learning berbantuan relaksasi nilai rata-ratanya 118,86. Sedangakn siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model direct instruction (pembelajaran langsung) nilai rata-ratanya 102,75. Berdasarkan hasil perhitungungan uji-t diperoleh hasil hitungung lebih besar dari hasil tabelel, yaitu 7,12 lebih besar dari hasil hitungung tabelel 1,9904, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar siswa kelas V semester II antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model experiential learning berbantuan relaksasi dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction (pembelajaran langsung). Hal ini berarti model experiential learning berbantuan relaksasi berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran PKn pada siswa kelas V di Gugus 6 Kecamatan Sawan. Oleh karena itu disarankan agar dalam setiap pembelajaran PKn menggunkan model experiential learning berbantuan relaksasi yang disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan.

 

Kata-kata kunci: experiential learning, PKn, relaksasi

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Gde Wawan Sudatha, D. W. M. G. I. N. M. (2013). PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN RELAKSASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI GUGUS 6 KECAMATAN SAWAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.895

Issue

Section

Articles