PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS V KECAMATAN TEGALLALANG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.896Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran word square berbantuan media gambar dan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV Sekolah Dasar di Gugus V Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Penenlitian ini adalah penelitian eksperimen semu menggunakan desain Non Equivalent Post-test Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus V Kecamatan Tegallalang. Sampel penelitian ini SD N 1 Pupuan yang berjumlah 22 orang sebagai kelompok eksperimen dan SD N 3 Pupuan yang berjumlah 25 orang sebagai kelompok kontrol yang dipilih dengan sistem Random Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes, jenis tes yang digunakan adalah pilihan ganda, kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Word Square berbantuan media gambar dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari rata-rata kelompok kontrol (
X
E = 23,77 > X K = 21,16). Adanya perbedaan yang signifikan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran word square berbantuan media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar.
Kata-kata kunci: model pembelajaran Word Square, media Gambar, hasil belajar IPS
Downloads
Published
2013-01-08
How to Cite
I Gd. Margunayasa, N. P. M. K. N. M. S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS V KECAMATAN TEGALLALANG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.896
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)