PENERAPAN TEKNIK PEMODELAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS V SD NO. 1 SARI MEKAR, KECAMATAN BULELENG

Authors

  • I Wyn. Dedi Suariga, Ni Wyn. Arini I Gd. Margunayasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.898

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca puisi siswa melalui teknik pemodelan di kelas V SD No. 1 Sari Mekar Tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD No. 1 Sari Mekar, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2012/2013. Jumlah siswa pada kelas V adalah 29 siswa. Laki-laki berjumlah 19 orang siswa dan perempuan berjumlah 10 orang siswa. Objek atau sasaran yang diteliti dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca puisi siswa kelas V SD No. 1 Sari Mekar dengan penerapan teknik pemodelan. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan teknik pemodelan dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas V SD No. 1 Sari Mekar. Peningkatan tersebut dilihat dari peningkatan skor keterampilan membaca puisi siswa dibandingkan dengan perolehan skor pada pembelajaran sebelum diterapkannya teknik pemodelan. Sebelum penelitian (refleksi awal), nilai keterampilan membaca puisi siswa mencapai nilai rata-rata 65,2. Pada siklus I, rata-rata nilai keterampilan membaca puisi siswa mencapai 71,8, sedangkan pada siklus II, nilai rata-ratanya adalah 78,7. Rata-rata nilai keterampilan membaca puisi siswa dari siklus I ke siklus II meningkat meningkat sebesar 6,9.

Kata-kata kunci : membaca puisi, teknik pemodelan

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Gd. Margunayasa, I. W. D. S. N. W. A. (2013). PENERAPAN TEKNIK PEMODELAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS V SD NO. 1 SARI MEKAR, KECAMATAN BULELENG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.898

Issue

Section

Articles