PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REKONSTRUKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD N GUGUS VII YOS SUDARSO SANUR DENPASAR

Authors

  • Ni Luh Pitriani, I Wyn. Sujana, I Kt. Adnyana Putra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.899

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran rekonstruksi sosial dengan siswa yang mengiketi pembelajaran konvensional siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus VII Yos Sudarso Sanur Kota Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN Gugus VII Yos Sudarso Sanur Kota Denpasar'tahun pelajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan adalah nilai hasil belajar IPS di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda satu jawaban benar dengan gabungan nilai afektif (40%) dan nilai kognitif (60%) (post test). Data dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Rekonstruksi Sosial dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional (thitung 2,42 > ttabel = 2,000). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran rekonstruksi sosial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus VII Yos Sudarso Sanur Kota Denpasar.

 

Kata kunci : IPS SD, model rekonstruksi sosial, hasil belajar.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Kt. Adnyana Putra, N. L. P. I. W. S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REKONSTRUKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD N GUGUS VII YOS SUDARSO SANUR DENPASAR. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.899

Issue

Section

Articles