PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN (SAINSTEKNOLOGI MASYARAKAT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SD NEGERI 1 DAWAN KLOD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.911Abstract
Abtrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui model pembelajaran STM (Sains Teknologi Masyarakat) pada mata pelajaran PKn siswa kelas V SD Negeri 1 Dawan Klod tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Dawan Klod yang berjumlah 24orang. Metode tes dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar siswa. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn dengan menerapkan model pembelajaran STM (Sains Teknologi Masyarakat) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Dawan Klod. Pada siklus I rata-rata persentase hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 67,50% (kategori cukup), kemudian meningkat menjadi 76,25% (kategori baik) pada siklus II. Dari silkus I hingga siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,75%.
Kata-kata kunci: model STM, hasil belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)