PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN (SAINSTEKNOLOGI MASYARAKAT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SD NEGERI 1 DAWAN KLOD

Authors

  • I Pt. Wijana, I Wyn. R. Sudhita, Ni Wyn. Arini

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.911

Abstract

Abtrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui model pembelajaran STM (Sains Teknologi Masyarakat) pada mata pelajaran PKn siswa kelas V SD Negeri 1 Dawan Klod tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Dawan Klod yang berjumlah 24orang. Metode tes dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar siswa. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn dengan menerapkan model pembelajaran STM (Sains Teknologi Masyarakat) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Dawan Klod. Pada siklus I rata-rata persentase hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 67,50% (kategori cukup), kemudian meningkat menjadi 76,25% (kategori baik) pada siklus II. Dari silkus I hingga siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,75%.

 

Kata-kata kunci: model STM, hasil belajar.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Ni Wyn. Arini, I. P. W. I. W. R. S. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN (SAINSTEKNOLOGI MASYARAKAT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SD NEGERI 1 DAWAN KLOD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.911

Issue

Section

Articles