PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD DI GUGUS III KECAMATAN BANJAR

Authors

  • Pt. Suwarniti, I Md. Tegeh, Ni Kt. Suarni

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.912

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang belajar Matematika menggunakan model pembelajaran Matematika realistik dengan kelompok siswa yang belajar Matematika menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu(quasi experimen)dengan rancangan post-test only control group design.Populasidaripenelitianiniadalahseluruhsiswakelas V SD di Gugus III kecamatan Banjartahunpelajaran 20012/2013denganjumlahpopulasi125siswa.Sampel diambil dengan cara simple random sampling yang berjumlah 40 orang siswa. Data hasil belajar Matematika, dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang belajar Matematika menggunakan model pembelajaran Matematika realistik dengan kelompok siswa yang belajar Matematika menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari hasil analisis uji-t  thit>ttab(3,38>2,02). Rata-rata skor hasil belajar Matematika kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Matematika realistik adalah 23 berada pada katagori baik dan kelompok siswa yang belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 20 berada pada katagori cukup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, hasil belajar Matematika kelompok Matematika realistik terbukti lebih tinggi.

Kata kunci: model pembelajaran matematika realistik, hasil belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Ni Kt. Suarni, P. S. I. M. T. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD DI GUGUS III KECAMATAN BANJAR. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.912

Issue

Section

Articles