PENERAPAN CTL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS PUISI KELAS III SD N 1 LABASARI KECAMATAN ABANG

Authors

  • Kd. Suwarni, Kt. Dibia, Ndara Tanggu Renda

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.913

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar menulis puisi melalui penerapan model CTL pada siswa kelas III semester I tahun pelajaran 2012/2013 di SD N 1 Labasari, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Penelitian ini adalah  Penelitian Tidakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dilaksanakan empat kali tatap muka. Data yang dikumpulkan adalah skor aktivitas belajar yang diproleh dari observasi dan hasil belajar yang diperoleh melalui tes hasil belajar. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata keaktifan belajar siswa meningkat dari kategori (78,35) “kurang aktif” pada siklus I menjadi (90,55)  “sangat aktif” pada siklus II, dan hasil belajar siswa meningkat dari 55,5 (rendah) pada siklus I menjadi 82,75 (tinggi) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menulis puisi siswa kelas III semester I di SD N 1 Labasari tahun pelajaran 2012/2013 Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem.

 

Kata Kunci: model CTL, aktivitas, hasil belajar.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Ndara Tanggu Renda, K. S. K. D. (2013). PENERAPAN CTL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS PUISI KELAS III SD N 1 LABASARI KECAMATAN ABANG. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.913

Issue

Section

Articles