PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERMUATAN PERMAINAN PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD GUGUS I KECAMATAN NUSA

Authors

  • Ni L. Tantri, Ndara Tanggu Renda, Kt. Pudjawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.917

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2) mengetahui hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran Quantum Teaching bermuatan permainan Puzzle, dan (3) mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA pada siswa yang mengikuti model pembelajaran Quantum Teaching bermuatan permainan Puzzle dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV  SD gugus I Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu menggunakan desain Post-test Only Control Design. Sampel penelitian ini SD Negeri 2 Batununggul yang berjumlah 28 orang sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 3 Batununggul yang berjumlah 30 orang sebagai kelompok kontrol yang dipilih dengan sistem Random Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Data tentang hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional cenderung rendah dengan Mo < Md < M (13,07 < 15,64 < 16,10), (2) hasil belajar IPA siswa yang mengkuti model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan permainan Puzzle cenderung tinggi dengan Mo > Md > M (19,35 > 19,16 > 19,03), dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan permainan Puzzle dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (thitung = 19,53 > ttabel = 2,02; ά=0,05). Dengan demikian model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan permainan Puzzle berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD gugus I Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung tahun pelajaran 2012/2013

Kata kunci: Quantum Teaching, hasil belajar IPA

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Kt. Pudjawan, N. L. T. N. T. R. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERMUATAN PERMAINAN PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD GUGUS I KECAMATAN NUSA. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.917

Issue

Section

Articles