PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERMUATAN PERMAINAN PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD GUGUS I KECAMATAN NUSA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.917Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2) mengetahui hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran Quantum Teaching bermuatan permainan Puzzle, dan (3) mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA pada siswa yang mengikuti model pembelajaran Quantum Teaching bermuatan permainan Puzzle dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD gugus I Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu menggunakan desain Post-test Only Control Design. Sampel penelitian ini SD Negeri 2 Batununggul yang berjumlah 28 orang sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 3 Batununggul yang berjumlah 30 orang sebagai kelompok kontrol yang dipilih dengan sistem Random Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Data tentang hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional cenderung rendah dengan Mo < Md < M (13,07 < 15,64 < 16,10), (2) hasil belajar IPA siswa yang mengkuti model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan permainan Puzzle cenderung tinggi dengan Mo > Md > M (19,35 > 19,16 > 19,03), dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan permainan Puzzle dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (thitung = 19,53 > ttabel = 2,02; ά=0,05). Dengan demikian model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan permainan Puzzle berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD gugus I Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung tahun pelajaran 2012/2013
Kata kunci: Quantum Teaching, hasil belajar IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)