PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (ARIAS) ASSURANCE RELEVANCE INTEREST ASSESSMENT SATISFACTION TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA SD DI DESA SARI MEKAR

Authors

  • Pt. Luna Garlina, I Kt. Dibia, Gd. Sedanayasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.919

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction dengan model pembelajaran Konvensional terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD di Desa Sari Mekar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Post Test Only with Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 55 orang siswa terdiri dari 29 siswa dari kelas eksperimen dan 26 siswa dari kelas kontrol. Sampel penelitian ini diambil dengan tekhnik random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) deskripsi keterampilan berbicara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction cenderung tinggi dengan Mo > Me > M (79 > 78,7 > 78,48), (2) deskripsi keterampilan berbicara siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional cenderung rendah dengan Mo < Me < M (48,35 < 51,5 < 52,62). Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil tes keterampilan berbicara siswa kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol (78,48>53). Jadi, dengan kata lain model pembelajaran Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD di Desa Sari Mekar Tahun pelajaran 2012/2013.

 

Kata-kata kunci:   Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction, Konvensional, Keterampilan Berbicara.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Gd. Sedanayasa, P. L. G. I. K. D. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (ARIAS) ASSURANCE RELEVANCE INTEREST ASSESSMENT SATISFACTION TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA SD DI DESA SARI MEKAR. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.919

Issue

Section

Articles