PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN MEDIA BENDA ASLI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS 1 KECAMATAN TABANAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.920Abstract
Abstrak
Hasil penelitian ini mengangkat tentang rendahnya hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi hasil belajar IPA siswa kelompok kontrol yang mengikuti model pembelajaran langsung, (2) deskripsi hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen yang mengikuti model Experiential Learning berbantuan media benda asli, (3) perbedaan hasil belajar IPA siswa antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Experiential Learning berbantuan media benda asli dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian berjumlah 82 orang dari siswa kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan Tabanan tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini yaitu berjumlah 23 orang dari kelas IV SD Negeri 1 Wanasari sebagai kelompok eksperimen dan 20 orang dari kelas IV SD Negeri 3 Wanasari sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung menunjukkan skor rata-rata cenderung rendah, (2) hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Experiential Learning berbantuan media benda asli menunjukkan skor rata-rata cenderung tinggi, (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Experiential Learning berbantuan media benda asli dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung.
Kata-kata kunci: experiential learning, media benda asli, hasil belajar IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)