PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPEEVERYONE IS A TEACHER HERETERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 2 DANGIN PURI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.923Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikanhasil belajar IPA antara siswa yang diberikan pembelajaran aktif tipe Everyone is A Teacher Here dengan siswa yang diberikan pembelajaran konvensional padasiswa kelas IV SD N 2 Dangin Puri tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experimental) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N 2 Dangin Puri tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknikrandom sampling. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar IPA siswa pada ranah kognitif melalui tes hasil belajar (post test), kemudian data dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang diberikan pembelajaran aktif tipe Everyone is A Teacher Heredengan siswa yang diberikan pembelajaran konvensional yaitu thitung =2,85 > ttabel = 2,000dengan perolehan nilai rata-rata hasil belajar yang diberikan pembelajaran aktif tipe Everyone is A Teacher Here lebih besar daripada siswa yang diberikan pembelajaran konvensional yaitu 75,8 > 66,51. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Aktif Tipe Everyone is A Teacher Here berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N 2 Dangin Puri.
Kata kunci: Everyone is A Teacher Here, IPA sekolah dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)