PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPEEVERYONE IS A TEACHER HERETERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 2 DANGIN PURI

Authors

  • I Kd. Hendra, I Gd. Meter, I Gst. A. Oka Negara

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.923

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikanhasil belajar IPA antara siswa yang diberikan pembelajaran aktif tipe Everyone is A Teacher Here dengan siswa yang diberikan pembelajaran konvensional padasiswa kelas IV SD N 2 Dangin Puri tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experimental) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah  Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N 2 Dangin Puri tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknikrandom sampling. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar IPA siswa pada ranah kognitif melalui tes hasil belajar (post test), kemudian data  dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang diberikan pembelajaran aktif tipe Everyone is A Teacher Heredengan siswa yang diberikan pembelajaran konvensional yaitu thitung =2,85 > ttabel = 2,000dengan perolehan nilai rata-rata hasil belajar yang diberikan pembelajaran aktif tipe Everyone is A Teacher Here lebih besar daripada siswa yang diberikan pembelajaran konvensional yaitu 75,8 > 66,51. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Aktif Tipe Everyone is A Teacher Here berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N 2 Dangin Puri.

 

Kata kunci: Everyone is A Teacher Here, IPA sekolah dasar.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Gst. A. Oka Negara, I. K. H. I. G. M. (2013). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPEEVERYONE IS A TEACHER HERETERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 2 DANGIN PURI. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.923

Issue

Section

Articles