PENERAPAN METODE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW ) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD

Authors

  • L. Eva Yulianti, I. Nym. Wirya Ni Wyn. Arini

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.928

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keterampilan membaca siswa dengan menerapkan metode PQ4R di kelas IV SD No. 1 Sari Mekar Tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus secara berdaur yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No.1 Sari Mekar. Objek penelitian ini adalah keterampilan membaca siswa kelas IV semester I SD No. 1 Sari Mekar Tahun ajaran 2012/2013. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Data yang didapatkan selanjutnya dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor rata-rata keterampilan membaca yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 66,16. Setelah diadakan perbaikan pada siklus II skor rata-rata hasil belajar membaca siswa sebesar 80,16. Ini berarti terjadi peningkatan  keterampilan membaca  siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17,33.

 

Kata kunci: Metode PQ4R, Keterampilan membaca, Bahasa Indonesia

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Ni Wyn. Arini, L. E. Y. I. N. W. (2013). PENERAPAN METODE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW ) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.928

Issue

Section

Articles