MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2011/2012 DI SD N 1 NEGARI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.930Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD N 1 Negari melalui penerapan Quantum Teaching pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD N 1 Negari Kecamatan Banjarangkan tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 11 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Data tentang tingkat motivasi siswa diperoleh dengan menggunakan metode angket yaitu dengan angket model ARCS, dan data hasil belajar diperoleh dengan menggunakan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan quantum teaching dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas V semester II tahun pelajaran 2011/2013 di SD N 1 Negari, yang pada akhir siklus I berada pada rentang skor 2,50 s/d 3,50 dengan kategori cukup baik. Pada akhir penerapan siklus II berada pada rentang skor 3,50 s/d 4,50 dengan kategori baik dan penerapan quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V semester II tahun pelajaran 2011/2013 di SD N 1 Negari dengan skor rata-rata hasil belajar pada akhir siklus I mencapai angka 69 yang berada pada kategori cukup. Dan skor rata-rata hasil belajar pada akhir siklus II mencapai angka 75 yang berada pada kategori baik. Dari data tersebut terlihat peningkatan skor rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pelaksanaan siklus I hingga akhir siklus II sebesar 8,11%.
.
.Kata-kata kunci: quantum teaching, motivasi belajar, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)