PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DESIGN BASED LEARNING (DBL) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI GUGUS KECAMATAN KINTAMANI KABUPATEN BANGLI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.949Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran Model Design Based Learning (DBL) berbantuan media gambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen), dengan desain post test only control group desain. Populasi penelitian adalah siswa kelas V pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 SD segugus kecamatan Kintamani, Kabipaten Bangli. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling dan diperoleh SDN 1 Kintamani sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan SD N 2 Kintamani sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 27 siswa. Data hasil belajar IPS siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda atau obyektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan mengenai hasil belajar IPS antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Design Based Learning dan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil analisisnya menunjukkan t hitung = 8,4176 dan t tabel = 2,021 untuk db = n1 + n2 – 2 = 50 dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan kriteria pengujian, karena t hitung > t tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Kata kunci: design based learning, hasil belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)