PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL ANIMATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.950Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle berbasis media audio visual Animation terhadap hasil belajar IPS siswa.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan rancangan penelitian Nonequivalent Pretest-Postes Only Kontrol Group.Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas V SD Gugus II Tampaksiring tahun ajaran 2012/2013.Populasi penelitian berjumlah 188 siswa dan dan sampel penelitian yang digunakan adalah 84 orang.Instrument pokok dalam penelitian ini hasil belajar IPS siswa.Data diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistic parametrik.Untuk menguji hipotesis digunakan analisis uji-t. Berdasarkan hasil analisis ditemukan hasil sebagai berikut, rerata pretest kelompok eksperimen 57.22 dan kelompok kontrol 58.1. setelah dilaksanakan penelitian didapatkan hasil rerata posttest kelompok eksperimen 81,36 dan kelompok kontrol 76,93. Dari rerata pretest dan posttest didapatkan rerata skor N-Gain Ternormalisasi kelompok eksperimen 0.560 dan kelompok kontrol 0.441. Uji hipotesis dilakukan pada skor posttest dan skor N- Gain ternormalisasi dengan hasil yaitu: hasil uji-t pada posttest thit (4,00) > ttab (2,00) dan Hasil perhitungan uji-t pada N- Gain ternormalisasi thit (4,23) > ttab (2,00). Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle berbasis media audio visual Animation dengan pembelajaran Konvensional, maka dapat direkomendasikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle berbasis media audio visual Animation dapat digunakan sebagai alternative model pembelajaran pada mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar.
Kata-kata kunci :Inside Outside Circle, Animation, Hasil Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)