PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL ANIMATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Authors

  • I Md. Edi Andhika, I Wyn. Rinda Suardika I Km. N. Wiyasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.950

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle berbasis media audio visual Animation terhadap hasil belajar IPS siswa.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan rancangan penelitian Nonequivalent Pretest-Postes Only Kontrol Group.Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas V SD Gugus II Tampaksiring tahun ajaran 2012/2013.Populasi penelitian berjumlah 188 siswa dan dan sampel penelitian yang digunakan adalah 84 orang.Instrument pokok dalam penelitian ini hasil belajar IPS siswa.Data diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistic parametrik.Untuk menguji hipotesis digunakan analisis uji-t. Berdasarkan hasil analisis ditemukan hasil sebagai berikut, rerata pretest kelompok eksperimen 57.22 dan  kelompok kontrol 58.1. setelah dilaksanakan penelitian didapatkan hasil rerata posttest kelompok eksperimen 81,36 dan kelompok kontrol 76,93. Dari rerata pretest dan posttest didapatkan rerata skor N-Gain Ternormalisasi kelompok eksperimen 0.560 dan kelompok kontrol 0.441. Uji hipotesis dilakukan pada skor posttest dan skor N- Gain ternormalisasi dengan hasil yaitu: hasil uji-t pada posttest thit (4,00) > ttab (2,00) dan Hasil perhitungan uji-t pada N- Gain ternormalisasi thit (4,23) > ttab (2,00). Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle berbasis media audio visual Animation dengan pembelajaran Konvensional, maka dapat direkomendasikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle berbasis media audio visual Animation dapat digunakan sebagai alternative model pembelajaran pada mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar.

Kata-kata kunci :Inside Outside Circle, Animation, Hasil Belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Km. N. Wiyasa, I. M. E. A. I. W. R. S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL ANIMATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.950

Issue

Section

Articles