PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SD GUGUS I GUSTI NGURAH RAI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.954Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika pada bilangan bulat antara siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran RME dengan siswa yang dibelajarakan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas IV semester II SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar tahun pelajaran 2012/ 2013. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Disain yang digunakan yaitu Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar. Sampel penelitiannya adalah SDN 10 Sanur (sebagai kelompok eksperimen) dan SDN 4 Sanur (sebagai kelompok kontrol). Data hasil belajar yang dikumpulkan berupa ranah kognitif dan ranah afektif. Instrumen pengumpulan data ranah kognitif adalah tes essay. Instrumen pengumpulan data ranah afektif adalah lembar observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika pada bilangan bulat siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran RME dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 4,23, sedangkan nilai ttabel adalah 1,66. Dari perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (4,23>1,66). Berdasarkan perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran RME terhadap hasil belajar matematika pada bilangan bulat siswa kelas IV Semester II SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar tahun pelajaran 2012/ 2013.
Kata-kata kunci: RME, hasil belajar, matematika, dan bilangan bulat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)