PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SD GUGUS I GUSTI NGURAH RAI

Authors

  • I Md. Edy Narayana, I Wyn. Wiarta, I Wyn. Sujana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.954

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika pada bilangan bulat antara siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran RME dengan siswa yang dibelajarakan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas IV semester II SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar tahun pelajaran 2012/ 2013. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Disain yang digunakan yaitu Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar. Sampel penelitiannya adalah SDN 10 Sanur (sebagai kelompok eksperimen) dan SDN 4 Sanur (sebagai kelompok kontrol). Data hasil belajar yang dikumpulkan berupa ranah kognitif dan ranah afektif. Instrumen pengumpulan data ranah kognitif adalah tes essay. Instrumen pengumpulan data ranah afektif adalah lembar observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika pada bilangan bulat siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran RME dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 4,23, sedangkan nilai ttabel adalah 1,66. Dari perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (4,23>1,66). Berdasarkan perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran RME terhadap hasil belajar matematika pada bilangan bulat siswa kelas IV Semester II SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar tahun pelajaran 2012/ 2013.

 

Kata-kata kunci: RME, hasil belajar, matematika, dan bilangan bulat.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Wyn. Sujana, I. M. E. N. I. W. W. (2013). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN RME TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SD GUGUS I GUSTI NGURAH RAI. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.954

Issue

Section

Articles