MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SONG BERBASIS TRI PRAMANA BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS KOLONEL GUSTI NGURAH RAI

Authors

  • A. A. I. P. Krisdayanti, I Wyn. Wiarta, I Wyn. Sujana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.955

Abstract

Abstrak

Hasil belajar matematika sekolah dasar sering disoroti sebagai permasalahan yang kompleks. Sehingga, diperlukan pembelajaran yang mampu menciptakan hasil belajar matematika secara optimal. Terkait hal itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif concept song berbasis nilai kearifan lokal tri pramana dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Kolonel I Gustri Ngurah Rai Denpasar Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan “nonequivalent control group design”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar pada Tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 16 kelas dengan 532 orang siswa. Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 2 kelas dengan 89 orang siswa yang ditentukan dengan random sampling. Data tentang hasil belajar matematika dikumpulkan dengan instrumen berupa tes uraian dan data tentang proses belajar dikumpulkan melalui teknik observasi sesuai dengan karakter yang dikembangkan. Data dianalisis dengan t-test. Berdasarkan taraf signifikan 5% dan db =87 (n1+n2-2) (thit=6,25 > ttabel = 2,000), menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif concept song berbasis nilai kearifan lokal tri pramana dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif concept song berbasis nilai kearifan lokal tri pramana berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Tahun Ajaran 2012/2013.

Kata kunci : model pembelajaran, kooperatif concept song, hasil belajar.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Wyn. Sujana, A. A. I. P. K. I. W. W. (2013). MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SONG BERBASIS TRI PRAMANA BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS KOLONEL GUSTI NGURAH RAI. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.955

Issue

Section

Articles