PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI BERBANTUAN MEDIA REALITA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.956Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan karena adanya permasalahan mengenai model pembelajaran yang masih bersifat konvensional yang didominasi oleh ceramah, disamping itu aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe GIberbantuan media realita. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan metode test dengan menggunakan lembar pengamatan dan perangkat tes. Data dianalisis menggunakan teknik analis deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 31 siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Melaya kecamatan Melaya. Data yang dikumpulkan adalah data aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe (GI) berbantuan media realita dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran tipe GI berbantuan media realita. Jadi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan media realita dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD.
Kata kunci : Pembelajaran GI, aktivitas belajar, hasil belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)