PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS UBUD

Authors

  • Ni Wyn. Ami Diantini, I Wyn. Wiarta, I Kt. Adnyana Putra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.958

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Ubud Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Gugus Ubud, semester 2 tahun pelajaran 2012/2013 dengan menggunakan Quasi Experimental Design yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Ubud yang berjumlah 252 orang siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD N 1 Ubud yang berjumlah 39 orang siswa dan siswa kelas V SD N 5 Ubud yang berjumlah 35 orang siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar matematika bentuk pilihan ganda biasa. Analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional (t hitung = 3,92 > t tabel = 2,00) dengan dk = 72 (n1 + n2 - 2 = 39 + 35 - 2 = 72) dan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Ubud Tahun Ajaran 2012/2013.

 

Kata-kata kunci: STAD, hasil belajar, matematika.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Kt. Adnyana Putra, N. W. A. D. I. W. W. (2013). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS UBUD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.958

Issue

Section

Articles