PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE TGT BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NO. 9 JIMBARAN

Authors

  • Juniari Purwantini, I Wyn. Wiarta, I Kt. Adnyana Putra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.960

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran TGT berbantuan media question box dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional siswa kelas V Sekolah Dasar Nomor 9 Jimbaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah  Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD No. 9  Jimbaran tahun pelajaran 2012/2013. Data yang dikumpulkan adalah nilai hasil belajar post tes matematika di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda satu jawaban benar. Data  dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan media question box dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional (thitung = 1,77 > ttabel = 1,67). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT berbantuan media question box berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar Nomor 9 Jimbaran Tahun Ajaran 2012/2013.

Kata kunci : Model TGT, question box,  hasil belajar matematika.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Kt. Adnyana Putra, J. P. I. W. W. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE TGT BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NO. 9 JIMBARAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.960

Issue

Section

Articles