PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS IV SDN 18 PEMECUTAN

Authors

  • Ni Wyn. Anggun Wedayanti, I Kt. Adnyana, I Gd. Meter3

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.965

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berbantuan gambar berseri terhadap keterampilan membaca dan menulis pada siswa kelas IV SDN 18 Pemecutan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN 18 Pemecutan tahun pelajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Analisis data dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan keterampilan membaca dan menulis antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berbantuan gambar berseri dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional (thitung = 6,056 > ttabel = 2,000). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berbantuan gambar berseri berpengaruh terhadap keterampilan membaca dan menulis siswa kelas IV SDN 18 Pemecutan, Denpasar Utara.

 

Kata kunci: model CIRC, gambar berseri, keterampilan membaca dan menulis

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Gd. Meter3, N. W. A. W. I. K. A. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS IV SDN 18 PEMECUTAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.965

Issue

Section

Articles