PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS IV SDN 18 PEMECUTAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.965Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berbantuan gambar berseri terhadap keterampilan membaca dan menulis pada siswa kelas IV SDN 18 Pemecutan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN 18 Pemecutan tahun pelajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Analisis data dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan keterampilan membaca dan menulis antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berbantuan gambar berseri dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional (thitung = 6,056 > ttabel = 2,000). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berbantuan gambar berseri berpengaruh terhadap keterampilan membaca dan menulis siswa kelas IV SDN 18 Pemecutan, Denpasar Utara.
Kata kunci: model CIRC, gambar berseri, keterampilan membaca dan menulis
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)