PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQ4RTERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD GUGUS I DENPASAR SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.968Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran SQ4R(survey, question, read, reflect, recite, review) terhadap keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Gugus I Denpasar Selatan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah semua SD Gugus I Denpasar Selatan yang terdiri dari 8 SD dan 13 kelas yang berjumlah 486 siswa. Sampel diambil dengan teknikrandom sampling. Data yang dikumpulkan adalah keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Indonesia berupa nilai kognitif. Nilai kognitif yang dikumpulkan menggunakan tes keterampilan membaca dalam bentuk pilihan ganda biasa dan rubrik penilaian keterampilan membaca. Data dianalisis dengan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaanketerampilan membaca pembelajaran bahasa Indonesia yang signifikan antara siswa yang melaksanakan model pembelajaran SQ4Rdengan siswa yang melaksanakan pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional (thitung = 7,139 ; ttabel = 2,000), artinya nilai rata-rata keterampilan membaca yang dibelajarkan dengan penerapan model pembelajaran SQ4Rlebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (81,48>75,84).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SQ4R berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Gugus I Denpasar Selatantahun pelajaran 2012/2013.
Kata kunci : SQ4R, Keterampilan Membaca
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)