PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERMAKNA BERNUANSA LINGKUNGAN ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS 4 SELEMADEG TIMUR TABANAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.969Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang melaksanakan pendekatan pembelajaran bermakna bernuansa lingkungan alam dengan siswa yang melaksanakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV semester 2 SD Gugus 4 Selemadeg Timur Gadungan, Tabanan tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasy experiment) menggunakan non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua sekolah Gugus 4 Selemadeg Timur Gadungan, Tabanan tahun pelajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar IPS yang merupakan penggabungan nilai kognitif dan afektif. Nilai kognitif dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar dalam pilihan ganda biasa sedangkan nilai afektif dikumpulkan melalui teknik observasi sesuai dengan karakter yang dikembangkan. Data dianalisis dengan uji t. Rata-rata hasil belajar IPS yang diperoleh antara siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran bermakna bernuansa lingkungan alam lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional (82,53>78,76). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang melaksanakan pendekatan pembelajaran bermakna bernuansa lingkungan alam dengan siswa yang melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional dengan thitung = 3,674 ; ttabel = 2,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran bermakna bernuansa lingkungan alam berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus 4 Selemadeg Timur Gadungan, Tabanan tahun ajaran 2012/2013.
Kata kunci : Pembelajaran bermakna bernuansa lingkungan alam, hasil belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)