PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERMAKNA BERNUANSA LINGKUNGAN ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS 4 SELEMADEG TIMUR TABANAN

Authors

  • I Pt. Fira Kumartha, Md. Putra, I Wyn Sujana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.969

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang melaksanakan pendekatan pembelajaran bermakna bernuansa lingkungan alam dengan siswa yang melaksanakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV semester 2 SD Gugus 4 Selemadeg Timur Gadungan, Tabanan tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasy experiment) menggunakan non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua sekolah Gugus 4 Selemadeg Timur Gadungan, Tabanan tahun pelajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar IPS yang merupakan penggabungan nilai kognitif dan afektif. Nilai kognitif dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar dalam pilihan ganda biasa sedangkan nilai afektif dikumpulkan melalui teknik observasi sesuai dengan karakter yang dikembangkan. Data dianalisis dengan uji t. Rata-rata hasil belajar IPS yang diperoleh antara siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran bermakna bernuansa lingkungan alam lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional (82,53>78,76). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang melaksanakan pendekatan pembelajaran bermakna bernuansa lingkungan alam dengan siswa yang melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional dengan thitung = 3,674 ; ttabel = 2,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran bermakna bernuansa lingkungan alam berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus 4 Selemadeg Timur Gadungan, Tabanan tahun ajaran 2012/2013.

 

Kata kunci : Pembelajaran bermakna bernuansa lingkungan alam, hasil belajar.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Wyn Sujana, I. P. F. K. M. P. (2013). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERMAKNA BERNUANSA LINGKUNGAN ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS 4 SELEMADEG TIMUR TABANAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.969

Issue

Section

Articles