PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS II SD HARAPAN NUSANTARA DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.971Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas II SD. Harapan Nusantara Denpasar tahun ajaran 2012/2013 dengan Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dengan Berbantuan Media Kartu Soal. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD. Harapan Nusantara dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri atas 19 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes digunakan untuk mengetahui tingkat hasil belajar IPA siswa kelas II dan selanjutnya dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantatif. Dari analisis data penelitian disimpulkan bahwa, Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Kartu Soal dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas II SD. Harapan Nusantara Denpasar. Pada pra siklus rata-rata persentase hasil belajar hanya mencapai 67,00% dan ketuntasan klasikal adalah 63,33%. Kemudian pada siklus I terjadi peningkatan, rata-rata persentase hasil belajar mencapai 75,67% dan ketuntasan klasikal adalah 73,33%. Pada Siklus II kembali terjadi peningkatan rata-rata persentase hasil belajar hanya mencapai 80,67% dan ketuntasan klasikal adalah 90,00%.
Kata kunci : Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbatuan Media Kartu Soal, dan Basil Belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)