PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS II SD HARAPAN NUSANTARA DENPASAR

Authors

  • Ni Kd. Ayu Sukesari, I Ngh. Suadnyana, I Wyn. Darsana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.971

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas II SD. Harapan Nusantara Denpasar tahun ajaran 2012/2013 dengan Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dengan Berbantuan Media Kartu Soal. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD. Harapan Nusantara dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri atas 19 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes digunakan untuk mengetahui tingkat hasil belajar IPA siswa kelas II dan selanjutnya dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantatif. Dari analisis data penelitian disimpulkan bahwa, Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Kartu Soal dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas II SD. Harapan Nusantara Denpasar. Pada pra siklus rata-rata persentase hasil belajar hanya mencapai 67,00% dan ketuntasan klasikal adalah 63,33%. Kemudian pada siklus I terjadi peningkatan, rata-rata persentase hasil belajar mencapai 75,67% dan ketuntasan klasikal adalah 73,33%. Pada Siklus II kembali terjadi peningkatan rata-rata persentase hasil belajar hanya mencapai 80,67% dan ketuntasan klasikal adalah 90,00%.

 

Kata kunci : Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbatuan Media Kartu Soal, dan Basil Belajar.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Wyn. Darsana, N. K. A. S. I. N. S. (2013). PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS II SD HARAPAN NUSANTARA DENPASAR. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.971

Issue

Section

Articles