PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE CONNECTED TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI DI DESA PETIGA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.972Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang di belajarkan menggunakan model pembelajaran tergunakan padu tipe connected dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas IV SDN Petiga Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri di Desa Petiga tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment). Sampel diambil dengan cara random sampling. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar IPA.Tes hasil belajar IPA yang digunakan adalah tes objektif bentuk pilihan ganda biasa. Data dianalisis dengan stasistik deskriptif dan t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran terpadu tipe connected dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data diperlukan hasil, yakni thit =5,991 > ttab =1,960. Kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran terpadu tipe connected menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional.Hal ini ditunjukan oleh nilai rata-rata ẋ=54,52>41,74. Dalam kaitannya dengan pembelajaran IPA, model pembelajaran terpadu tipe connected terbukti lebih unggul dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.
Kata kunci : model pembelajaran terpadu tipe connected, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)